Search This Blog

Translate

Sunday, August 25, 2013

Ini Alasan Haramnya Merayakan Ulang Tahun / HBD bagi yang merasa Muslim.


Ingin rasanya selalu menunjukkan rasa sayang kita kepada orang-orang yang kita Cintai, selalu mengingatnya di setiap tahun, yang bahkan seharusnya di setiap menit, hari, bulan dan pastinya disetiap sujud Kita dikala menghadap keharibaan-Nya.
Namun sayang Rasa Cinta yang kita perlihatkan terkadang harus bertentangan dengan Ketentuan Allah dan Rasul-Nya seperti halnya Ulang Tahun yang ternyata bertentangan dengan Aqidah kita sebagai seorang Muslim. inilah beberapa alasan mengapa Muslim Haram merayakan Ulang tahun :

1. Ulang Tahun adalah Salah satu bentuk Ibadah kaum nasrani dan Yahudi salah satu contohnya adalah NATAL yang seperti kita ketahui itu adalah Ibadah kaum nasrani dalam memperingati hari kelahiran Yesus Kristus,
dan Rasulullah pernah Bersabda "Barang siapa yang menyerupai suatu kaum maka dia termasuk kaum itu." (H.R Abu Daud).
Jadi Jika melihat Konteks Hadit's diatas maka jelas bagi yang merayakan Ulang Tahun maka Rasulullah menegaskan bahwa mereka adalah bagian dari kaum nasrani dan yahudi.

2. Salah satu cara kaum Nasrani dan Yahudi untuk menghancurkan Aqidah Umat Islam adalah menyamarkan suatu Ibadah mereka sehingga kita mengikutinya tanpa kita sadari salah satunya adalah Ulang Tahun. hal ini di tegaskan dalam sebuah keterangan yang Berbunyi ;
“Sungguh kalian akan mengikuti jalan orang-orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta sampai jika orang-orang yang kalian ikuti itu masuk ke lubang dhob (yang sempit sekalipun, -pen), pasti kalian pun akan mengikutinya.” Kami (para sahabat) berkata, “Wahai Rasulullah, apakah yang diikuti itu adalah Yahudi dan Nashrani?” Beliau menjawab, “Lantas siapa lagi?”[4 HR. Muslim no. 2669]

3. Sampai Qiamat kaum nasrani dan Yahudi akan terus merongrong Umat Islam dengan berbagai cara agar kita semakin jauh dari Agama kita. dan Allah telah menegaskan itu dalam Al Qur'an 

وَلَن تَرْضَىٰ عَنكَ الْيَهُودُ وَلَا النَّصَارَىٰ حَتَّىٰ تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ



"Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan ridha kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka.." (al Baqarah 120)

4. Jangan sampai Allah melepas kita karena kita tidak mengikuti petunjuk yang telah jelas haram halalnya karena jika kita masih memungkiri kebenaran yang telah jelas benar nya maka Allah tidak akan pernah menjadi pelindung kita lagi.

قُلْ إِنَّ هُدَى اللَّهِ هُوَ الْهُدَىٰ وَلَئِنِ اتَّبَعْتَ أَهْوَاءَهُم بَعْدَ الَّذِي جَاءَكَ مِنَ الْعِلْمِ مَا لَكَ مِنَ اللَّهِ مِن وَلِيٍّ وَلَا نَصِيرٍ

Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar)”. Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu" (Al-Baqarah: 120)







Jadi masihkan kita memungkiri bahwa Ulang tahun itu Boleh bahkan mungkin di anjurkan sedangkan telah jelas Allah dan Rasul-Nya melarang kita untuk mengikuti jejak kaum nasrani dan yahudi yang akan membawa kita kepada kebinasaan dan Azab Allah SWT. Maka ketika kita yakin Bahwa itu adalah Ibadah mereka dan kita pun mempunyai Cara Ibadah yang sesuai dengan ketentuan Allah dan Rasul-Nya maka katakanlah 

"Bagiku Agamaku dan bagimu Agamamu "

68 comments:

  1. Kita sebagai umat muslim harus tau cara kelicikan kristen terhadap islam...

    http://www.youtube.com/watch?v=8sY4yXI7M00

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasis amat, buat apa susah susah licik, masa kamu tau kalau semua orang nasrani itu licik? Berpikir sebelum berbicara, trs klo makan pake sendok gimana?? Sendok kan ditemukan kaum nasrani trs mobil sm motor gimana?

      Jgan asal ngomong ya
      Be smart

      Delete
  2. Berarti Haram merayakan Maulid Nabi alias hari kelahiran nabi Muhammad donk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jelas karena umat islam hanya boleh merayakan idul adha dan idul fitri saja.

      Delete
    2. baca ini

      https://www.facebook.com/BelajarHukumIslam/posts/489388031102850

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. ahh... yang ngatain haram nggak punya dalil yg tepat . dalil yg disampaikan diatas nggak tepat sasaran

      Delete
    5. Maaf thhe endd, apakah kamu punya dalil yg tetap buat menghalalkan nya? Klo ada silahkan di share biar gk mencari siapa yg paling benar

      Delete
    6. Hukum asal dari segala sesuatu dan muamalah adalah halal, sampai ada dalil yg eksplisit mengharamkannya. Hukum asal dr segala ibadah adalah haram, sampai ada dalil eksplisit yang menghalalkannya. Dalil yang mengharamkan ultah tidak pas, terlalu general. Dalil tsb dimaksudkan haram mengikuti dlm hal ibadah, bukan muamalah, atau mengikuti kebiasaan yang berpotensi menjauhkan diri dari ketauhidan. Kmdn perlu diteliti asbabul nuzul nya. Bayangkan orang islam tidak boleh memakai teknologi spt yg org kafir lakukan. Ultah buat sebagian orang digunakan sbg moment berkumpul, reuni, silaturahim, momen renungan dan instropeksi diri, yg kesemuanya membawa manfaat bagi insan tsb.

      Delete
    7. Bedakan merayakan dgn memperingati.. Kalo maulid nabi tuh d peringati bkan d rayakan, yg artinya qt mengingat kembali perjuangan Rasulullah menegakkan agama Islam, sama halnya peringatan 17 agustus kita memperingati ttg perjuangan para pahlawan yg membela negara bukan merayakan..

      Delete
    8. Ulang tahun itu ibadahnya kaum nasrani, jadi orang muslim yg merayakan ulang tahun sama seperti orang nasrani yang menjalankan ibadah. Maksudnya itu tasabuh bil kufar, NGERTI GAK....melakukan perayaan seperti orang kafir..... ikut kajian mas biar ngerti tafsir hadits dan alquran

      Delete
    9. Keliru kalo dikatakan perayaan ulang tahun tradisi nasrani. Saya nasrani dari flores yg mayoritas katolik tidak pernah ada acara HUT. bahkan sebagian besar orang Flores di desa kayak kampung saya tidak ingat tanggal lahirnya.
      Yang benar perayaan birthday itu tradisi eropa yg disebarkan penjajah belanda di nusantara dulu. Mereka punya duit dan kekayaan untuk bikin perayaan sekaligus hiburan.
      Jangan terlalu sering mengecam segala sesuatu sebagai tradisi nasrani kafir dsb. Lah.. wong nasrani sendiri kayak saya sampai usia di atas 40 tidak pernah merayakan ulang tahun. Salam damai.

      Delete
    10. Hay kamu kaum muslim,jika kamu percaya perkataan nabi muhammad itu jalan yg benar,ko gitu? Kamu pikirlah nabi muhammad itu utusan Allah sekaligus kekasih Allah Nabi diantara Nabi dia yg paling spesial,jadi kalian muslim masih meragukan perkataan nabi muhammad? Kalo nabi pembohong dia bukan ahli surga..

      Delete
  3. Permasalahan yg kongkret sebenere da pada hati dan niat kita, hadist hr.abu daud yg mengatakan barang siapa menyerupai suatu kaum maka iya adalah termasuk kaum tersebut,hal ini sama halnya kita memakai celana dan baju jas itu dalah pakaian resmi orang yahudi, kalau mmenurut saya ya yg penting kita gak berniat mengikuti ajaran mereka, yg penting dalam merayakan ultah diniatkan bersodaqoh kumpul saudara dan mengingatkan kita bahwa umur kita semakin berkurang,kita harus lebih mendekatkan diri pada sang kholiq,jika ada kesalahan itu semata dari saya insan penuh naif,jika ada kkebenaran semata itu petunjuk ALLAH tuk kita srmua, WALLAHU A'LAM

    ReplyDelete
    Replies
    1. ana mau mencuri sepeda motor aja tapi niatnya buat nyumbang mesjid, sama kan?

      Delete
    2. Klo niatx mencuri tuh yg salah walaupun mw nyumbang ke masjid...

      Delete
    3. Klo niatx mencuri tuh yg salah walaupun mw nyumbang ke masjid...

      Delete
    4. Turuo kono ae mas ben ra maksiat, konteks permasalahan saja sudah jelas beda, antara mencuri dengan merayakan ulang tahun. Mencuri ada agama ataupun tidak agama tetap saja perbuatan keji karna itu sudah bertentangan dengan nurani, la makanya allah menurunkan agama sebagai tuntunan yg haq, wes capek wes debat agama tok ndak ada gunane lawong kita saja dalam beragama belum tentu bener bener melaksanakannya kok kita tiap hari koar koar debat sana debat sini, wes melaksakan apa belum semua belum tentu,

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat bermaanfaat info nya mas/ mbak.. maaf atas copas artikel ini ke grup fb. tapi q dah sertakan link blog artikel ini..

      Delete
  5. Assalamu'alaikum . izin buat copy nya ya . he

    ReplyDelete
  6. Gk bener deh ini! Soalnya, masa ulang tahun itu IBADAH? Ulang tahun itu gk ada kaitannya dengan agama, kaitannya hanya dengan umur. Ulang tahun itu tradisi dunia, bukan ibadah. Agama selain Islam dan Kristen juga merayakan Ulang Tahun, hayooo. Hedeh -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasulullah sudah mengajarkan seluruh ibadah dari bangun tdr sampai tdr lg hingga dia wafat tp rasullulah gk pernah merayakan ultah, maaf ya saya tau gtu c...hehe

      Delete
    2. Pemaknaan yang sempit...kita berkomunikasi seperti ini menggunakan bahasa Indonesia rumpun bahasa melayu..datang Dari budaya sangsekerta yang Hindu..apakah kita menjadi Hindu? Millah yang tidak boleh di ikuti adalah milah aqidah..milah kebodohan nasrani Dan kesombongan yahudi..berpresepsi mengharamkan suatu Hal yang tidak Ada Nash jelas yang secara lingustik tertylus jelas merupakan perbuatan dosa pula bukan? Apalagi sampai mengkafirkan Muslim yang berdoa Dan bersyukur di Hari kelahirannya..

      Delete
  7. Kasihan ya... buat saudara/i kita yang masih mengedepankan HAWA NAFSU DUNIA dan meninggalkan Agama nya.

    ReplyDelete
  8. jika ulang tahun mengadakan syukuran saja apakah haram atau sunnah ?

    ReplyDelete
  9. Asalamuallaikum... Saya komen apa nih... Jadi serba salah... Akumah diem aj ah.... Yg penting dalam hidup... Kita harus penuh bersyukur.... Apapun ujian yang allah berukan kepada kita... Dengan rasa penuh bersyukur kita akan selalu nikmat sekalipun ujian itu menyakitkan... Kita akan merasa bersyukur... Karena kita bersyukur kalau kita masih disayang allah... Ujian yang allah berikan itu suatu ibadah buat hidup kita... Terus bakal apaan kita beribadah dalam hidup... Emangnya kita ga bakal mati... Yah bakal bekel kita di akhirat tentunya.... Wew
    Wasalamuallaikum warahmatullahi wabarokathu

    ReplyDelete
  10. Ini yg akan dijadikan alasan oleh umat non muslim untuk merayakan hari kelahiran juru selamatnya....karena mereka akan bilang ,
    Kalian aja boleh , masa kami ngak boleh...trus kalau kami haram trus kalian sama donk....itu pikiran sy ...maaf kalau salah namanya juga manusia...kesempurnaan dr Allah

    ReplyDelete
  11. kalo internetan haram ndak mas/mbak? kan yang memulai orang kafir .. kita cuman ngikut

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk prtanyaan yg lucu, internet kn sarana komunikasi, jd trgantung u gunain buat yg bnr ato tdk, skrng w tanya, klo naik mobil/main hp/ haram ga? kn yg bikin org non muslim wkwkwk

      Delete
    2. Mark zukemberk atau apalah yg punga fb,dia juga terinspirasi sama seorang ilmuan muslim

      Delete
  12. Sudah ada tuntunan nya, sudah ada petunjuk nya. Masih saja kalian sangkal...Belajarlah lebih dalam lagi..Maaf saya hanya manusia biasa..

    ReplyDelete
  13. sebenarnya ultah itu adl adat. Saya juga tdk tau siapa yg menciptakan ultah tpi ultah kumungkinan lahir di eropa dan juga mungkin yg menciptakan org non muslim. Jika kita liat di kitab2 sblm al qur'an sperti injil,taurat,zabur namanya merayakan ultah tdk ada apalagi di al qur'an.tpi kita bs melihat sperti hadist abu daud bahwa ultah bs di katagorikan tasyabbuh dan di kaitkan dgn ayat2 al qur'an. Kalau pingin lebih aman kita gak usah ultah.dan masalah tekhnologi sperti internet,tv dll itu adl sunnatullah. Mereka menciptakan mesin,tv dll lewat otak dan otak mereka yang menciptakan allah. Sesuai man jadda wa jadda. Maaf jika ada yg salah mohon di maklumi krn saya juga manusia yg juga pnya salah.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Wow.....gitu aja kok repot. Dalam hidup ini yg terpenting BERBUAT KEBAIKAN. Alam semesta ini adalah ciptaan Allah SWT. Isinya macam macam dan kita wajib menjaga. Kenapa antar manusia saling membenci? Kebanyakan dalil malah pusing sendiri...mana yg mo diikuti? Sana boleh, sini tidak boleh dan samasama punya dalil... Jadi mendingan berbuat kebaikan selama di dunia ini...

    ReplyDelete
  16. yang mengatakan peringtan maulid itu haram, dialah orang yang tidak senang dengan kelahiran rasulullah, sesungguhnya dihari itu iblispun menangis dan bersedih..

    ReplyDelete
  17. Islam itu agama yg sempurna. Dengan kita berani menambah2 suatu ritual ibadah tertentu yg tidak ada syariatnya(bid'ah) Sama sj seperti menganggap ajaran yg rasul berikan blm sempurna. Segala yg berbau ibadah itu harus ada syariatnya.. syariat/aturan itu datangnya dari Allah. Mana bisa kita yg hanya manusia biasa menciptakan syariat. Sama sj melangkahi Allah. Intinya klo tidak ada syariatnya maka amalan tersebut tertolak. Sahabat-sahabat rasul saja tidak merayakan maulid nabi. Pdhl mereka sudah pasti menyayangi rasul. Klo memang sayang rasul lakukan lah yg menjadi sunnahnya..kerjakan perintah Allah dan jauhi laranganNya. Walahuallam

    ReplyDelete
  18. Rosul berniaga dengan yahudi, berarti Rosul memakai produk Yahudi, tidak masalah. Bukan artian elektronik itu tdk boleh kita pakai. Urusan agama dan duniawi itu berbeda. Rosul tidak pernah melakukan ulang tahun.

    ReplyDelete
  19. Assalamualaikum,gini deh kita kasi logika sederhana aja biar enak, kita semua setuju kalo nabi muhammad itu adalah panutan yang baik bagi kita semua, jadi apakah nabi muhammad pernah merayakan ulang tahunnya ? Dan apakah nabi muhammad pernah ikut serta dalam perayaan ulang tahun orang lain? Dan apakah perayaan ulang tahun nabi muhammad pernah di lakukan semasa beliau masih hidup?
    Silahkan kita jawab masing-masing saya hanya memberikan bahan pemikiran aja
    Terima kasih

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Apaan sih? Ini namanya menjelekkan Agama Kristen! Kami merayakan ulang tahun untuk bersukacita dengan apa yang sudah Tuhan kami berikan tetapi kalian menganggapnya dengan tidak senonoh. Maksudnya apa?! Mengucilkan agama kami? Agama Kristen? Saya baca artikel ini karena adik saya di Bully sama kaum kalian pas dia mau merayakan ulang tahunnya. Lebih baik merayakan ulang tahun yang kalian bilang dosa itu daripada membully orang yang sebenarnya memang tindakan dosa

    ReplyDelete
  22. Kebanyakan ego yg komentar, gitu aja kok repot...mending ngaca diri sendiri aja,uda bener blm diri kita sendiri...

    ReplyDelete
  23. Saya begitu menyukai artikel yang disajikan dalam blog ini,
    Semoga sukses terus memberikan informasi bermanfaat utk semua orang.

    dr rochelle skin expert
    cream pemutih wajah
    produk kecantikan wajah
    kosmetik wajah
    pemutih wajah
    anak perempuan cantik

    ReplyDelete
  24. Assalamualaikm sy adalah org yg baru bljar islam perdebatan kalian bikin saya bingung saat membaca dr awal yg komentar.. Knp byk yg dianggap bid'ah .. Apakah agama islam sekaku itu? Trimaksh

    ReplyDelete
  25. Istilah ulang tahun maupun peringatan maulid.. Didasarkan pada apa yg terkandung dalam kegiatan tersebut.

    Jika dalam kegiatan tersebut memiliki manfaat sebagai media instrosfeksi diri, merenung dan mengingat apa yg telh dilakukan selama satu tahun terakhir dan menjadikan renungan tersebut sebagai media memperbaiki diri (dalam hal fikih disebut sebagai MUAMALAH) maka hal tersebut dianggap hasan (baik) selama tidak ada unsur mubajir atau sia sia.

    Tetapi bila dalam proses atau selama kegiatan itu berlangsung terdapat kegiatan yg berlebih lebihan dan bersifat festa fora maka hal itu dimakruhkan atau dilarang.

    Dalam kegiatan maulid maupun ultah dsb, masing masing memiliki moment istimewa yaitu berkumpul dengan keluarga, sahabat dan teman yang selain dihari itu sangat sulit bertemu, dalam islam itu disebut sebagai SILATUROHIM..

    Bila pada umumnya dan mayoritas orang melakukan ultah itu identik dengan potong kue dan tiup lilin (itu hak yg wajar, krna tidak ada mudhorotnya). Tapi bila agenda selain itu ada pesta bahkan meminum sesuatu yg memabukan (khamer) itu jelas menjadi haram. Krna khamer dalam islam disebut sebagai minumam yg memabukan dan kegiatan yg dilakukan dengan adanya khamer tersebut maka menjadi haran pula.

    Tapi bila kegiatan ultah dilakukan dengan khidmat, merenung kesalahan dan kelemahan diri sendir bahkan bila dalam kegiatan ultah tersebut diseling dengan pembagian sodakoh (amal) itu menjadi hal yg menguntungkan dan menjadi baik karna ada unsur kebaikan yaitu menolong fakir miskin atau golongan orang dengan kriteria tertentu berhak mendapat santunan.

    Setiap agama dimuka bumi ini, tidak ada yg buruk.. Semua bertujuan untuk mengesakan tuhan, ALLAH SUBHANAHU WATA'ALA..

    hanya saja, terkadang manusia itu sendiri yg menyimpang dari kitabnya dalam melakukan sesuatu. Dengan berbagai alasan dan lebih mengandalkan nalar daripada hati. Padahal tidak semua hal didunia dapan dicerna melalui nalar. Sebagai contoh adalah kegiatan di "ISRA DAN MI'RAJ KAN NYA NABI MULIA, MANUSIA BERAKHLAK MULIA ROSULULLAH MUHAMMAD SOLLALLHU ALAIHI WASALLAM.. (Perjalanan dengan jarak ribuan KM bahkan jutaan km yg ditempuh dalam satu malam), bahkan umat muslimnya sendiri pun yg mengaku beragama islam yg memiliki iman kerupuk dijamin akan meragukan adanya kejadian tersebut, kecuali hanya sedikit saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir yg percaya hal itu.

    Jadi, dalam kontek ini.. Perlu dibedakan penggunaan istilah peringatan dengan perayaan (peringatan lebih pada bersifat introsfeksi, sedangkan perayaan biasanya bersifat pesta dan bermewah mewahan),

    Selain itu, penggunaan ultah layaknya hanya digunakan untuk ummat nasrani dan ummat lainya, sedangkan khusus umat muslim sebaiknya menggunakan istilah "milad"..

    Milad merupakan bentuk lebih sederhana dari kata mauladu atau maulida..

    Kata "maulid" lebih pada ditujukan hanya pada satu manusia mulia dan rosul akhir jaman..
    Sedangkan manusia pada umumnya yg merupakan pengikut dan umat muslim lebih baik menggunakan "milad tahun ke..??""

    Baik ultah atau milad, bila yang bersangkutan atau si orang tersebut sengaja didalamnya terdapat hal bersifat berlebih lebihan, khamer, pesta dan hal menyia nyiakan.. Maka keduanya dapat dianggap haram untuk dilakukan.

    Jadi semua kembali pada seberapa besar mnfaat dari dilaksanakannya peringatan tersebut. apakah dengan peringataj tersebut akan menjadi manusia yg lebih baik dalam segi akhlaknya, perbuatannya, amal dan santunannya.. Ataukah setelah peringatan malah menjadi orang lebih sombong, orang yang rakus dan semakin pelit atau kikir pada yg membutuhkan.

    Terima kasih, semoga membantu dan tidak ada yg merasa dirugikan.

    ReplyDelete
  26. Bilang aja gk punya duit buat ngerayaain ulang tahun.Tdk usah pake ngedalil tp tdk mengerti bagaimana menafsirkannya dgn benar. Islam tdk mengajarkan sesuatu yg ribet dan kaku, tapi Islam adalah agama yg universal, yg mampu dapat mengikuti zaman.

    Yg model2 begini atawa yg suka haram2in ini itu, biasanya orang2 yg putus asa dalam menghadapi persaingan, atau bileh disebut tidak punya kemampuan yg mumpuni.

    Saran saya, belajar yg pinter dan bekerjalah dgn baik.

    ReplyDelete
  27. Bilang aja gk punya duit buat ngerayaain ulang tahun.Tdk usah pake ngedalil tp tdk mengerti bagaimana menafsirkannya dgn benar. Islam tdk mengajarkan sesuatu yg ribet dan kaku, tapi Islam adalah agama yg universal, yg mampu dapat mengikuti zaman.

    Yg model2 begini atawa yg suka haram2in ini itu, biasanya orang2 yg putus asa dalam menghadapi persaingan, atau bileh disebut tidak punya kemampuan yg mumpuni.

    Saran saya, belajar yg pinter dan bekerjalah dgn baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry bos.. Bukannya ga punya duit.. Islam memang ga kaku.. Trus mo ente gampangin gitu aja.. Ente kaya orang banyak duit ajah..

      Delete
  28. Kalo kata KH.maimun zubair:sampean ini jangan main hukum kafir begitu saja,wong sampean saja belum pasti masuk surga,ngapain ngurusin orang lain"

    Menurut saya jelas2x islam mengatakan ikutilah sunnah rassul dan pahami hadist nya" Dan sebelum itupun harus belajar aqidah,fiqih dan tafsir bru bsa paham dan gk sembarang hadist diasal untuk dijadikan pedoman.salam damai jgn berantem ya lbih baik kita sama2x belajar& berbagi

    ReplyDelete
  29. Nabi tidak pernah memnyuruh untuk merayakan/memperingati hari/tanggal kelahirannya.....
    urusan ibadah ikutilah Allah dan Rosul, serta sahabat-sahabatnya.
    Nabi pernah berkata kalo urusan dunia kamu lebih tahu, kecuali ada larangannya.

    ReplyDelete
  30. Yang komentar aneh" intropeksi diri dulu, kalau memang belum pernah melakukan dosa ya alhamdulillah. Untuk yang komentar blok ini siapa saja yang ualanh tahun HBD ya??

    ReplyDelete
  31. Teknologi itu bukan ibadah/ritual, sedang perayaan hari ultah itu jelas sebuah ritual karna memiliki makna tertentu, dari bentuk kue yg bulat lilin yg menyala dah bahkan asap lilin itu memiliki makna masing2 dalam keyakinan mereka, dan pastinya makna itu sangat bertentangan dengan aqidah kita yg muslim.
    Jika ada yg bilang ultah itu bukan ibadah, mungkin orang tersebut tidak mengetahuinya, tak perlu kita maki, cukup dijelaskan agar dia mengerti, dan semoga Allah memberi hidayah untuk kita semua, Aamiiiin....

    ReplyDelete
  32. Untung saya tidak pernah merayakan ulang tahun,hehe
    mediamaya

    ReplyDelete
  33. https://www.instagram.com/p/BMZCONEgrXw/
    Ya akhi Ya ukhti, coba tonton video syekh ini, semoga bisa memberikan jawaban mengapa ULANG TAHUN ITU MENYALAHI AJARAN ISLAM

    ReplyDelete
  34. https://www.instagram.com/p/BMZCONEgrXw/
    Ya akhi Ya ukhti, coba tonton video syekh ini, semoga bisa memberikan jawaban mengapa ULANG TAHUN ITU MENYALAHI AJARAN ISLAM

    ReplyDelete
  35. https://www.instagram.com/p/BMZCONEgrXw/
    Ya akhi Ya ukhti, coba tonton video syekh ini, semoga bisa memberikan jawaban mengapa ULANG TAHUN ITU MENYALAHI AJARAN ISLAM

    ReplyDelete
  36. https://www.instagram.com/p/BMZCONEgrXw/
    Ya akhi Ya ukhti, coba tonton video syekh ini, semoga bisa memberikan jawaban mengapa ULANG TAHUN ITU MENYALAHI AJARAN ISLAM

    ReplyDelete
  37. Salah satu cara kaum Nasrani dan Yahudi untuk MENGHANCURKAN Aqidah Umat Islam adalah MENYAMARKAN suatu Ibadah mereka sehingga kita mengikutinya tanpa kita sadari

    Kata menghancurkan dan menyamarkan ini yg bermakna provokatif, sejak kapan kamu non muslim mau menghancurkan aqidah kalian, tidak ada paksaan negara kita utk merayakan ulang tahun kalo tidak mau merayakan hari kelahiran yaa terserah haknya situ dan agama situ

    "Sehingga kita mengikuti tanpa kita sadari" loh yg salah siapa yg mengikuti, bodoh kok dipelihara. Apa kaum kalian dipaksa merayakan hari kelahiran?

    ReplyDelete
  38. Salah satu cara kaum Nasrani dan Yahudi untuk MENGHANCURKAN Aqidah Umat Islam adalah MENYAMARKAN suatu Ibadah mereka sehingga kita mengikutinya tanpa kita sadari

    Kata menghancurkan dan menyamarkan ini yg bermakna provokatif, sejak kapan kamu non muslim mau menghancurkan aqidah kalian, tidak ada paksaan negara kita utk merayakan ulang tahun kalo tidak mau merayakan hari kelahiran yaa terserah haknya situ dan agama situ

    "Sehingga kita mengikuti tanpa kita sadari" loh yg salah siapa yg mengikuti, bodoh kok dipelihara. Apa kaum kalian dipaksa merayakan hari kelahiran?

    ReplyDelete
  39. Jangan berlebih dan
    tersalah arti mem bid'ah apalagi mengharam haramkan dalam memaknai dalil dan hadist .. Nabi Muhammad SAW merayakan hari miladnya dgn berpuasa, syukur kpd Allah SWT. Sodara2 muslim tuntutlah Ilmu yg baik dan benar melalui mursyid juliet Rasulullah SAW maupun Ahlu baiti yg Hak.

    ReplyDelete
  40. Assalamu'alaikum wr, wb, kalau saya pribadi selalu mencari perbandingan dari nasihat2 lain. Ambil diantara semua mana yg masuk akal menurut alquran dan hadist, akhirnya saya menemukan atau berkesimpulan bahwa nabi Muhammad tidak pernah mengucapkan kepada para sahabat untuk milad nya atau para sahabat pun begitu sebaliknya kepada nabi Muhammad. Artinya hal ini mmg tidak perlu juga kita mengucapkan selamat atau berharap sebaliknya kepada org2 terdekat kita. Cukup pribadi masing2 selalu mengingay setiap hari adalah pengurangan usia kita dan mengingatkan kan kita untuk makin ketat ibadah dan amal sholehnya. Saya pun mulai tutup buku soal ulang tahun kepada anak2 saya.. Krna itu yang paling aman dri pd kita ragu2. Tinggalkan yg ragu2.

    ReplyDelete
  41. saya jga tdk suka merayakan ulang tahun. selain alasan uraian diatas, saya jga punya alasan lain yaitu saya tdk merayakan ultah krana pada saat saya lahir kedunia, ibu saya sdng kesakitan untuk melahirkan saya. Mana mungkin saya merayakannya semntara ibu saya sdh berjuang antara hidup dan mati.

    ReplyDelete
  42. hey uhuy maulid nabi tu memperingati bukan merayakan

    ReplyDelete

“Maka disebabkan rahmat dari Allahlah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya. (Q.S. Ali Imran [3]: 159)